Rabu, 12 Desember 2012

EVOLUSI = MANUSIA BERASAL DARI KERA?????? DO YOU BELIEVE THAT???



Sejak dahulu kala manusia selalu mempertanyakan asal usul kehidupan. Bagaimana manusia itu ada dan bagaimana proses terjadinya? Apakah manusia itu ada, langsung JLEB.... muncul sendiri secara tiba-tiba, atau diciptakan oleh sang pencipta, atau bahkan munculnya manusia itu melalui suatu proses evolusi yang sangat lama, atau jangan-jangan bertransformasi alias berubah gitu. Kayak manusia sekarang bisa bertransformasi, ada yang berubah jadi spiderman, power ranger, ultramen, atau kamen rider (satria baja hitam si manusia belalang) dan masih banyak lagi. hmm... jangan-jangan sebaliknya ada juga mungkin hewan yang bertransformasi menjadi manusia..????


Tetapi.. Kalo ditanya "siapa manusia pertama dimuka bumi ini?"..

Jawaban saya adalah nabi Adam. Kenapa nabi Adam? Karena dari SD, SMP, sampe ke SMA, semua guru agama yang ngajar pelajaran agama islam pasti bilang bahwa manusia pertama adalah nabi Adam.

Waktu pertama kali diajarkan mata pelajaran agama islam di SD, guru saya menjelaskan bahwa nabi Adam adalah manusia pertama yang diciptakan Allah berasal dari tanah. Sebagai anak kecil yang polos dan tak berdosa akan ketidak tahuannya (pada zaman itu), saya awalnya gak percaya manusia itu tercipta dari tanah, mana mungkin bisa (terlintas diotakku pada saat itu). Namun sebagai orang yang beragama islam saya harus percaya dan tidak boleh meragukan kebenaran dari Al-Quran, yakni kitab suci bagi umat islam yang diturunkan kepada nabi Muhammad SAW.

Nah..  pas zaman SD kan saya tuh masih belum mengerti kenapa manusia diciptakan berasal dari tanah. Setelah saya di SMA, akhirnya saya benar-benar paham kenapa manusia itu diciptakan dari tanah.

Hal ini dijelaskan dalam Al-Quran surat Al-Mu’minun ayat 12-15

12. Dan Sesungguhnya kami Telah menciptakan manusia dari suatu saripati (berasal) dari tanah.
13. Kemudian kami jadikan saripati itu air mani (yang disimpan) dalam tempat yang kokoh (rahim).
14. Kemudian air mani itu kami jadikan segumpal darah, lalu segumpal darah itu kami jadikan segumpal daging, dan segumpal daging itu kami jadikan tulang belulang, lalu tulang belulang itu kami bungkus dengan daging. Kemudian kami jadikan dia makhluk yang (berbentuk) lain. Maka Maha sucilah Allah, Pencipta yang paling baik.
15. Kemudian, sesudah itu, Sesungguhnya kamu sekalian benar-benar akan mati.

Nah dari situ udah jelaskan asal mula manusia ditinjau dari sisi islam.



"Bagaimana dengan orang yang berpendapat berbeda akan asal manusia?"


Pasti udah pada dong dengan sebuah teori yang pernah menggemparkan alam semesta (gempa kale), yaitu sebuah Teori Evolusi yang menjelaskan bahwa asal usul manusia itu berasal dari kera. Yaap... teori ini dari dulu katanya dikemukakan oleh Charles Darwin. Darwin berpendapat bahwa manusia berasal dari kera yang mengalami proses evolusi yang sangat panjang sehingga menjadi bentuk yang sempurna. Apakah itu benar????
Apa yang muncul di benak Anda ketika mendengar kata ‘evolusi’?
Mungkin yang akan muncul di benak Anda adalah sosok Charles Darwin, kemudian diikuti dengan gambar-gambar fosil purbakala, manusia berasal dari kera, atau kemudian bagan yang memperlihatkan bagamana kera yang lambat laun menjadi manusia modern seperti sekarang. Betul ? :) :)
Ya, memang seperti itulah keadaanya. Khususnya di Indonesia, saya rasa anggapan tersebut tidak dapat terelakkan. Apalagi ditambah lagi dengan keyakinan bahwa teori evolusi akan menyebabkan ateisme, menyimpang dari ajaran agama, atau kepercayaan-kepercayaan lain menyebabkan ilmu evolusi sulit berkembang. Atau mungkin saja ilmu ini menjadi tabu bagi sebagian orang untuk memahaminya secara lebih dalam.
Padahal, evolusi sebenarnya telah jauh berkembang. Bahkan kata ‘evolusi’ sendiri saat ini memiliki pengertian yang bermacam-macam. Tidak hanya dipakai dalam kajian ilmu biologi, namun juga telah dipakai di berbagai bidang keilmuan yang lain. Khusus untuk evolusi dalam kajian biologi, kata ‘evolusi’ sendiri juga memiliki pengertian yang bercabang. Evolusi saat ini tidak secara otomatis berarti ‘manusia merupakan keturunan kera’. Sejalan dengan perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan evolusi dalam kajian biologi memiliki beberapa pengertian yang berbeda. Diantaranya seperti yang dijelaskan pada discovery.org, evolusi memiliki beberapa pengertian khusus.
Pengertian 1
Evolusi bisa berarti bahwa bentuk-bentuk kehidupan yang kita lihat saat ini adalah berbeda dengan bentuk-bentuk yang ada di masa lampau. Dalam hal ini, evolusi sebagai ‘perubahan sepanjang waktu’ tersebut juga termasuk kedalamnya adalah perubahan-perubahan kecil pada satu individu dalam suatu spesies.
Perubahan-perubahan kecil tersebut dapat terjadi dalam jangka waktu yang pendek. Perubahan tersebut terjadi pada populasi suatau spesies. Namun, yang perlu dipahami adalah perubahan tersebut tidak akan menyebabkan individu tersebut menjadi spesies baru. Perubahan tersebut hanya akan menghasilkan variasi dalam sepesies. Evolusi dalam artian tersebut telah diterima secara luas dan tidak diragukan lagi kebenarannya, bahkan oleh mereka yang skeptis terhadap teori Darwin sekalipun.
Pengertian 2
Beberapa ilmuwan menghubungkan kata evolusi dengan pemikiran bahwa semua organisme yang ada saat ini merupakan turunan dari satu nenek moyang yang sama pada masa lampau. Klaim ini kita dikenal sebagai teori ‘Universal Common Descent’. Teori ini menggambarkan sejarah kehidupan di bumi seperti pohon yang bercabang.
Pengertian 3
Dan yang terakhir, beberapa orang menggunakan kata evolusi untuk menjelaskan penyebab atau mekanisme perubahan, dimana proses biologis yang pernah dijelaskan oleh Darwin termasuk dalam pembahasan ini. Darwin berpendapat bahwa seleksi alam memiliki kekuatan untuk menghasilkan bentuk kehidupan yang berbeda. Gabungan dari kedua ide inilah (Universal Common Descent dan seleksi alam) yang menjadi inti dari teori evolusi Darwin. Pada masa sekarang, evolusionis Neo-Darwin mengkombinasikan pengetahuan tentang DNA dan genetika untuk mendukung klaim mereka bahwa mutasi pada DNA akan menghasilkan variasi dimana seleksi alam juga ikut berperan.
Masalah manusia purba, salah satu Teori Evolusi yang terkenal adalah kepunyaannya Charles Darwin,, sebenarnya masih banyak lagi teori-teori evolusi yang ada., kalau ditanya mana yang paling benar., belum diketahui pasti mana yang benar.,  karena mereka mempunyai dasar pemikiran sendiri-sendiri yang menurut mereka kuat., dan sampai saat ini,, teori evolusi masih terus berkembang (selain berdasarkan agama islam).
Apakah Anda Setuju Kalau Manusia Berasal Dari Kera???
Kalo saya sih jelas tidak setuju dengan teori ini, masa manusia berasal dari kera. Emang apa buktinya? Cuman data fosil-fosil doang (ceilaaaaah). Kan yang membedakan manusia dengan makhluk hidup lain itu adalah akal. Kalo manusia disuruh milih mau uang 1 juta atau pisang sebuah, yang pasti milih 1 juta dong buat beli banyak pisang hahaha.. gak juga kale ya.. nah kalo kera pasti tuh pilih pisang sebuah, kenapa? Ya karena makanan favoritnya pisang.. tapi terkadang ada juga manusia yang sifatnya mungkin mirip dengan kera.. contohnya Tarzan :D
                  




Kesimpulannya.. jika disuruh milih manusia pertama berdasarkan teori evolusi Darwin atau nabi Adam? Menurut saya manusia pertama nabi Adam pastinya.. kenapa..?  kalo percaya dengan teori evolusi Darwin, berarti tidak percaya dengan Tuhan yaitu Allah SWT yang jelas-jelas dalam Al-Quran mengatakan bahwa manusia pertama adalah nabi Adam. nah.. kalo menurut teman-teman????


Tapi kalo ada yang ngejek kita (haaa?.. kita? lo aja kale gue enggak).. bilang kayak gini.. "hahaha.. muka lo mirip monyet.." kita harus menyikapinya dengan bijak, senang hati dan positif thinking plus nyengir ceria.. daripada kita dibilangin kayak gini >> "daripada lo.. mukanya mirip manusia.. hahahah" nah miriskan ejekan yang satu ini.. ckckck.. jadi renungkanlah hahaha..... # SMILE AND SAY JAHE.............



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar